Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Lambang Pancasila


Coba amati kembali lambang negara Garuda Pancasila. Warna apa saja yang ada pada yang ada pada lambang garuda pancasila? Ada berapa warna dan lambang negara Garuda Pancasila. Masing - masing warna memiliki makna atau arti tertantu, yaitu sebagai berikut :

  • Warna Putih artinya kesucian, kebenaran dan kemurnian
  • Warna hitam memiliki warna keabadian
  • Warna merah memiliki arti keberanian
  • Warna hijau memiliki arti kesuburan dan kemakmuran
  • Warna kuning memiliki arti kebebasan, kemegahan, dan keluhuran
Gambar Bintang pada sila pertama memiliki arti menggambarkan adanya sebuah sumber cahaya ruhani yaitu cahaya dari Tuhan.
Gambar Rantai memiliki makna bahwa bangsa Indonesia saling terkait erat, saling bahu-membahu, dan saling membutuhkan.
Pohon beringin. Pohon beringin yang rimbun banyak digunakan orang untuk berteduh di bawahnya. Hal tersebut dikorelasikan sebagai Negara Indonesia, di mana semua rakyat Indonesia dapat 'berteduh' di bawah naungan Negara Indonesia. Nagara dapat melindungin rakyatnya.
Kepala Banteng. Kepala Banteng memiliki filosofi sebagai hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah, di mana orang-orang berdiskusi untuk melahirkan suatu keputusan yang bisa menghasilkan keputusan demi kebaikan semuanya.
Lambang padi dan kapas merupakan simbol pangan dan sandang yang menyiratkan makna bahwa syarat utama negara yang adil ialah yang bisa mencapai kemakmuran untuk rakyatnya secara merata.

Posting Komentar untuk "Arti Lambang Pancasila"