Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Besaran Pokok Beserta Satuannya dalam SI

Apa kabar semuanya, mudah - mudahan dalam keadaan sehat wal afiat. Kali ini MaoliOka ingin berbagi tentang besaran pokok beserta satuannya dalam SI. Seperti apa itu berikut uraiannya.

Besaran yang satuannya didefinisikan disebut besaran pokok. Besaran pokok ada 7, yaitu panjang, massa, waktu, Kuat Arus, Suhu, Jumlah zat, dan Internsitas Cahaya. Nah sudah terbayangkan apa saja. Lanjut simak dibawah ini.


Panjang

Panjang yaitu sesuatu yang menyatakan jarak antara dua titik. Misalnya, panjang papan tulis adalah jarak antara titik pada ujung-ujung papan tulis, panjang bayi yang baru lahir adalah jarak dari ujung kaki sampai ujung kepala bayi itu.

Panjang menggunakan satuan dasar Standar Internasional (SI) meter (m). Satu meter standar (baku) sama  dengan jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299.792.458 sekon. Untuk  keperluan sehari-hari telah dibuat alat-alat pengukur panjang tiruan dari meter standar seperti penggaris, jangka sorong, meteran tukang kayu dan lain - lain.

Jadi pada poin ini besaran pokoknya adalah panjang dan satuan SI-nya meter (m)

Massa

Setiap benda tersusun dari materi. Jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda disebut massa benda. Dalam SI, massa diukur dalam satuan kilogram (kg). Misalnya, massa tubuhmu 52 kg, massa seekor kelinci 3 kg, massa sekantong gula 1 kg.

Dalam kehidupan sehari-hari, orang menggunakan istilah “berat” untuk  massa. Namun sesungguhnya, massa tidak sama dengan berat. Massa suatu benda ditentukan oleh kandungan materinya dan tidak mengalami perubahan  meskipun kedudukannya berubah. Sebaliknya, berat sangat bergantung pada  kedudukan di mana benda tersebut berada. Mengapa? Karena benda akan  memiliki gravitasi yang berbeda di tempat yang berbeda. Sebagai contoh, saat  astronot berada di bulan, beratnya tinggal 1/6 dari berat dia saat di bumi.

Dalam SI, massa menggunakan satuan dasar kilogram (kg), sedangkan  berat menggunakan satuan N ewton (N). Satu kilogram standar (baku) sama  dengan massa  sebuah  silinder yang terbuat dari campuran  platinum-iridium yang disimpan di Sevres, Paris, Prancis. Massa 1 kg setara  dengan 1 liter air pada suhu 4oC.

Selain kilogram (kg), massa benda juga dinyatakan dalam satuan-satuan lain. Misalnya, gram (g) dan miligram (mg) untuk massa-massa yang kecil; ton (t) dan kuintal (kw) untuk massa-massa yang besar.

» 1 ton = 10 kw = 1.000 kg

» 1 kg = 1.000 g

» 1 g = 1.000 mg

Nah Pahamkan. Pada Poin ini besaran pokoknya adalah massa satuan SI-nya Kilogram (kg)


Waktu

Waktu adalah selang antara dua kejadian atau dua peristiwa. Misalnya, waktu hidup seseorang dimulai sejak ia dilahirkan hingga meninggal, waktu perjalanan diukur sejak mulai bergerak sampai dengan akhir gerak (berhenti). Waktu dapat diukur dengan jam tangan atau stopwatch.

Satuan SI untuk waktu adalah detik atau sekon (s). Satu sekon standar (baku) adalah waktu yang dibutuhkan atom Cesium untuk bergetar 9.192.631.770 kali. Berdasarkan jam atom ini, hasil pengukuran waktu dalam selang waktu 300 tahun tidak akan bergeser lebih dari satu sekon.

Untuk peristiwa-peristiwa yang selang terjadinya cukup lama, waktu dinyatakan dalam satuan-satuan yang lebih besar, misalnya menit, jam, hari, bulan, tahun, dan abad.

1 hari = 24 jam

1 jam = 60 menit

1 menit = 60 sekon

Untuk kejadian-kejadian yang cepat sekali, dapat digunakan satuan milisekon (ms) dan mikrosekon (µs). 

Pada poin ini besaran pokonya adalah waktu satuan SI-nya adalah sekon (s)


Kuat Arus Listrik

Kita persingkat saja untuk pembahasan selanjutnya karena akan banyak rumus didalamnya. Kuat arus listrik adalah jumlah muatan listrik yang mengalir dalam kawat penghantar setiap waktu. Dalam aturan internasional kuat arus ini satuannya adalah Ampere (A).

Suhu

Suhu adalah ukuran kuantitatif terhadap temperatur; panas dan dingin, diukur dengan termometer. Dalam aturan internasional atau satuan SI suhu dinyatakan dalam derajat Kelvin (K)

Jumlah Zat

Dimabil dari wikipedia Jumlah zat adalah besaran pokok fisika yang mengukur jumlah cuplikan zat elementer yang dapat berupa elektron, atom, ion, molekul, atau partikel tertentu. Satuan SI untuk jumlah zat ini adalah mol yang didefinisikan sebagai jumlah atom dalam elemen carbon-12 seberat 12 g. 1 mol mempunyai 6,0221415×1023 atom dari bahan murni yang diukur, yang sering dikenal sebagai bilangan Avogadro.

Intensitas Cahaya

Masih dari sumber wikipedia, Intensitas cahaya atau kesengitan cahaya adalah besaran pokok fisika untuk mengukur daya yang dipancarkan oleh suatu sumber cahaya pada arah tertentu per satuan sudut. Satuan SI dari intensitas cahaya adalah Candela (Cd)

Secara menyeluruh untuk lebih mudahnya perhatikan tabel dibawah berikut ini.

besaran pokok beserta satuannya dalam SI

Nah itulah pembahsan kali ini semoga bermanfaat untuk kita semuanya. aamiin

Posting Komentar untuk "Besaran Pokok Beserta Satuannya dalam SI"