Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PAFI Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, merupakan wadah yang berbetuk organisasi bagi para ahli dibidang farmasi yang  yang sifatnya kekaryaan dan pengabdian.

Mungkin masyarakat umum belum begitu mengetahui PAFI ini, namun sejatinya persatuan ahli farmasi ini sudah berlangsung semenjak kemerdekaan republik indonesia dan kemudian dibentuk secara resmi sebuah organisasinya yang dinamakan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia disingkat PAFI pada tahun 1946 tepatnya pada 13 february di Yogyakarta.

PAFI ini merupakan organisasi profesi yang sifatnya kekaryaan dan pengabdian. Karya - karyanya merupakan bentuk pengabdian para ahli farmasi seluruh indonesia untuk ikut serta dalam menunjang kemajuan bangsa ini.

Tujuan PAFI sangatlah mulia, bisa kita simak pada web - web PAFI seperti pada web pafianggi.org pada web tersebut dan web - web pafi lainnya bisa kita simak tujuan didirikannya PAFI, yaitu sebagai berikut :

Tujuan PAFI

- Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

- Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia

- Mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia

- Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

Demi mewujudkan tujuan - tujuan tersebut salah satu yang sedang di kembangkan PAFI adalah meratakan pelayanan melalui web - web yang dibuatnya merata seluruh indonesia.
Dengan hadirnya web - web PAFI di seluruh indonesia sepertinya PAFI menginginkan kemudahan masyarakata dalam mengakses PAFI.
Ketika kita ada di Papua misalhkan kita bisa menghubungi papianggi, ketika kita berada di Jakarta kita bisa menghubungi PAFI pusat ketika kita berada di Aceh sekalipun kita bisa menghubungi PAFI yang berada di Aceh dan begitupun untuk daerah lainnya. Itulah bentuk keseriusan PAFI saat ini.

Namun pada kesempatan ini saya juga ingin sedikit memberi masukan kepada PAFI karena ketika saya perhatikan setiap web yang dibuat PAFI meskipun itu bentuk keseriusan dalam rencana mewujudkan tujuan - tujuannya, namun sepertinya terlalu banyak web yang dibuat. Sedang kepengursan yang ada pada web - web tersebut hampir sama bahkan sebagian hanya berubah posisi saja. Misakan pada sekertaris I pada satu wed dareh menjadi sekeretaris II pada web pafi lainnya dan lain - lain. Alahkan baiknya web hanya dibuat satu saja adapun kontak person setiap daerah cukup dicantumkan dalam halaman kontak saja. Silahkan rinci saja kontak - kontak setiap daerah siapa PIC nya atau penanggung jawabnya.

Tidak bermaksud mengajari bebek berenang namun jika hanya satu web dan merangkum semua keperluan akan sangat mudah mengelola kedepannya. Karena menjadi sangat aneh ketika banyak web yang dikelola, namun pengurrusnya sepertinya hampir mirip saja entah itu kesalahan dalam menyusun web atau memang seperti itu yang jelas jika hanya ada satu web dan mengorganisir semua keperluan baik oraganisasi daerah ataupun pusat akan sangat mudah kedepannya.

Bisa juga misalkan dibuatkan halaman khusus saja dalam satu web yang mencakup semua aktifitas pafi disatu daerah misalkan pafianggi maka ada satu halaman saja dimana mencantumkan alamat, kontak, kegiatan, kepengurusan, peta lokasi dan lain - lain. Begitupun untuk daerah - daerha lainnya. Sehingga mengisi katagori kegiatan akan sangat mudah sekali. Kedepannya katagori kegiatan  atau berita bisa diisi dengan kegiatan di daerah - daerah dan pusat dalam satu web sehingga isi web akan sangat ramai. Untuk memisahkan perbedaan kegiatan seperti tadi yang dikatakan cukup pisahkan dengan katagori saja.
Karena saat inipun ketika diperhatikan struktur organisasinya alamat kepengurusan bisa jadi tidak berada di daerah pafi tersebut. Misalkan pafianggi dimana ketua posisinya berada di Karangasem, posisi ketua ini sangat jauh sekali dengan posisi di Anggi yang keberadaannya di Papua Barat. 
Untuk itu sepertinya lebih tepat satu web saja satu kepengurusan dengan PIC yang berbeda untuk setiap daerah.
Mungkin itu saja sih sedikit yang ingin saya ungkapkan kepada PAFI. Sekali lagi mohon maaf yang sebasar - besarnya bukan maksud mengajari ahlinya ini hanya sedikit saran saja dari kebingungan yang saya rasakan.

Demikain tulisan kali ini semoga PAFI sukses selalu. aamiin

PAFI Persatuan Ahli Farmasi Indonesia


Posting Komentar untuk "PAFI Persatuan Ahli Farmasi Indonesia"